Panel AMF ATS Terdapat Pada Mesin Genset

AMF ATS merupakan sebuah panel yang terdapat di dalam mesin genset. Panel tersebut memiliki fungsi penting untuk menunjang kinerja sebuah genset. Tidak semua genset menggunakan panel tersebut dalam pengoperasiannya. Genset yang menggunakan panel AMF ATS terbaik adalah genset yang menggunakan sistem kontrol digital. Seperti yang kita tahu bahwa genset yang menggunakan sistem tersebut merupakan genset keluaran terbaru. Panel tersebut termasuk alat canggih yang dimiliki genset terbaru. Wajar saja jika hanya genset keluaran terbaru saja yang sudah mulai menggunakan panel tersebut. Seberapa pentingnya keberadaan panel tersebut dalam mesin genset? Simak penjelasannya di bawah ini.

Keberadaan panel tersebut terbilang penting karena memiliki fungsi yang memudahkan para pengguna genset. AMF serta ATS berfungsi untuk menyediakan aliran listrik secara otomatis ketika listrik dari PLN terputus. Jika pada umumnya pengguna genset harus menghidupkan dan mematikan genset sendiri ketika listrik padam maka dengan adanya panel AMF ATS kegiatan tersebut akan semakin mudah dilakukan. Para pengguna genset tidak perlu menghidupkan dan mematikan genset ketika listrik padam. Keberadaan panel tersebut membuat genset mampu hidup dan mati secara otomatis. Genset yang menggunakan panel satu ini pastinya merupakan genset yang canggih. Apa sebenarnya AMF dan ATS tersebut? Untuk lebih mudah memahami cara kerja dari panel tersebut alangkah baiknya jika mengenal lebih dalam mengenai panel tersebut.

Panel pada genset ini dibedakan menjadi dua yakni AMF dan ATS. Kedua bagian genset tersebut memiliki fungsi berbeda yang saling berhubungan satu sama lain. AMF memiliki fungsi untuk menghidupkan listril secara otomatis. Saat listrik PLN padam maka semua ruangan yang dialiri listrik dari PLN tersebut tidak mendapatkan aliran listrik. Saat itulah panel ini bekerja untuk mengaliri listrik dari genset menuju semua ruangan. AMF akan mempersiapkan segala keperluan untuk mendapatkan aliran listrik dari genset. Pengguna genset tidak perlu menghidupkan genset ketika listrik padam. AMF akan membuat proses tersebut secara otomatis.

Itulah fungsi dan cara kerja dari AMF. Lalu bagaimakah dengan ATS? ATS memiliki fungsi kebalikan dari AMF. Setelah genset digunakan untuk mencukupi kebutuhan dan listrik PLN kembali hidup maka secara otomatis ATS akan memutuskan lisrik dari genset kembali menggunakan listrik PLN. Biasanya pengguna genset akan mematikan genset ketika listrik PLN menyala dengan cara manual. Namun dengan adanya ATS maka proses menyalakan dan mematikan genset menjadi lebih mudah. Itulah fungsi dari ATS dan juga cara kerjanya. Pada intinya baik AMF dan ATS memiliki fungsi yang sama untuk sebuah mesin genset. Fungsinya adalah mampu menghidupkan dan mematikan genset secara otomatis.

Dilihat dari fungsi serta cara kerjanya memang bisa disimpulkan bahwa panel AMF ATS ini sangat canggih. Walaupun panel ini canggih namun tetap saja memiliki kelemahan. Genset yang sudah menggunakan panel tersebut tetap harus berada di bawah pengawasan teknisi. Maksudnya adalah walaupun mesin genset tersebut canggih namun tetap harus dirawat dengan baik. Teknisi harus mengontrol apa saja yang dibutuhkan genset tersebut. Pastinya mesin genset membutunkan perawatan jika sering digunakan. Jadi seberapa pentingnya panel ini? Tentu sangat penting. Keberadaan panel ini tidak menggantikan peran dari orang yang menjaga genset setiap harinya namun panel tersebut akan semakin memudahkan kinerja. Penjelasan di atas tentu membuat anda semakin paham dengan panel AMF serta ATS dalam genset.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *