Cara Mudah Pasang AVR Alternator Bagi Pemula

Memasang AVR alternator terbaik kiranya menjadi pekerjaan rumah tersendiri bagi mereka yang memiliki genset pribadi di tempatnya. Terutama bagi mereka yang ingin melakukannya sendiri tanpa bantuan teknisi alias orang yang sudah paham tentang bagaimana cara melakukannya. Hal tersebut jelas sah-sah saja dilakukan, mengingat pada dasarnya cara memangnya tidaklah sulit seperti yang banyak orang bayangkan. Bahkan jika sudah pernah melakukannya, hampir pasti tak akan perlu panduan lagi ketika hendak melakukannya kembali.

Bagi pembaca sekalian yang penasaran bagaimana cara memasang AVR alternator terbaik yang baik dan benar namun tetap mudah, berikut ini beberapa langkahnya. Sebagai saran, dampingi dengan catatan dan alat tulis guna mencatat hal penting yang perlu dicatatkan.

  1. Langkah pertama jelas lakukan di tempat terang dan juga kering ketika mau memasang AVR karena akan sekaligus juga dengan menghidupkan gensetnya.
  2. Setelah itu silahkan buat jalur kabel yang baru sebanyak 6 jalur kabel serat halus yang lebarnya sekitar 2,5 milimeter yang akan disambungkan dari dinamo ke AVR alternator.
  3. Kabel jalur terminal dinamo yang diperlukan adalah bersimbol N, R, S, serta T dan 2 lagi kabel dengan simbol negatif dan tentu saja simbol positif pada exciter.
  4. Apabila semuanya telah siap, maka pasanglah 4 kabel tadi pada terminal dinamo menggunakan kabel yang baru yang sudah dibuat sebelumnya.
  5. 2 kabel sisa yang lain sambungkan saja menuju exciter dengan memperhatikan simbol negatif dan juga simbol positif yang ada.
  6. Apabila semuanya sudah terpasang, maka kemudian silahkan hidupkan mesin genset dan atur tegangan yang dibutuhkan pada AVR.

Dari langkah-langkah bagaimana cara yang tepat dan mudah dalam memasang AVR alternator di atas, tentu jelas tampak tidak sulit. Bisa dikatakan bahkan mereka yang benar-benar masih cukup awam akan genset pun sepertinya tidak bakal menemui kesulitan ketika memasang AVR mengikuti panduan cara pemasangan seperti di atas.

Demikian sedikit pembahasan kita mengenai bagaimana cara mudah bagi orang awam agar dapat memasang AVR alternator pada genset milik mereka. Semoga dapat bermanfaat dan benar-benar menjadi solusi yang dicari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *