Genset Yanmar

Siapa yang tidak mengenal ketangguhan dari genset Yanmar ? Alat pembangkit listrik cadangan ini telah dikenal akan kualitasnya yang jempolan, serta mampu mendatangkan berbagai keuntungan. Membeli generator set Yanmar tentu menjadi sebuah idaman, namun Anda juga perlu mengetahui aturan keselamatan ketika hendak menggunakannya. Berikut ulasannya.

Aturan Keselamatan Menggunakan Generator Set Yanmar

Generator Set Yanmar

Mengikuti Panduan pada Buku Petunjuk Manual

Ketika membeli genset baru di toko terdekat, kemungkinan setiap pelanggan akan diberikan buku panduan gratis di dalam kemasannya. Buku petunjuk manual tersebut berisikan berbagai informasi penting sekitar genset yang telah dibeli. Mulai dari tutorial pemasangan hingga cara perawatannya pun telah disajikan dengan rapi, dengan bahasa yang mudah dipahami.

Silahkan buka halaman yang mengulas lengkap bagaimana aturan keselamatan ketika mengoperasikannya, dan cermati setiap tahapan yang diberikan agar tidak terjadi salah langkah sebelum menerapkannya. Apabila mengikuti semua langkahnya dengan benar, kemungkinan mesin genset akan menyala dan siap digunakan.

Tidak Menggunakan Kabel yang Rusak

Masyarakat tentu tidak keberatan, ketika harus membeli satu unit genset Yanmar dengan harga lebih tinggi demi mendapatkan merk ternama dan berkualitas. Sayangnya hal tersebut tidak diimbangi dengan pembelian kabel berkualitas terbaik. Alhasil kabel penghubung yang lama masih digunakan meski kurang layak.

Sebaiknya segera ganti kabel yang mulai rusak hingga pita listrik mencuat di sekelilingnya. Sebab kabel yang terbuka tersebut akan membahayakan keselamatan Anda. Sang pemilik juga disarankan untuk tidak menggunakan kabel terlalu kecil, karena hal ini beresiko terjadi korsleting akibat kabelnya yang tidak kuat menahan beban terlalu besar.

Jangan Meredam Suara Genset

Genset dikenal sebagai alat pembangkit listrik cadangan yang akan mengeluarkan suara bising mengganggu ketika mesinnya dioperasikan. Sayangnya tidak ada yang bisa Anda lakukan untuk meredam suara mesinnya tersebut. Bahkan generator keluaran baru sekalipun masih kerap terdengar suara bising meski tidak terlalu terdengar seperti generasi sebelumnya.

Karena suara mesinnya tidak dapat diredam, hal yang bisa dilakukan adalah mengurangi kecepatan gerak mesinnya agar lebih tenang serta menghemat konsumsi bahan bakar. Anda juga bisa mengurangi beban listrik untuk mengurangi noise. Jika memungkikan, beli saja genset Yanmar tipe silent meski harus mengeluarkan anggaran lebih tinggi dibandingkan membeli genset biasa.

Letakkan Bahan Bakar Jauh dari Genset

Bahan Bakar

Meski dikenal sebagai alat pembangkit listrik, alat satu ini masih membutuhkan sumber daya untuk beroperasi. Alhasil Anda harus mengisi tangki bahan bakarnya secara rutin, dan memastikan tidak pernah kosong sebelum digunakan. Namun bukan berarti Anda harus meletakkan sumber bahan bakarnya di samping generator berada.

Sebab tumpahan dari sumber bahan bakar, bisa menjadi pemicu munculnya kobaran api yang disertai dengan ledakan luar biasa. Sayangnya masih banyak pemilik generator set yang mengabaikan aturan keselamatan tersebut. Demi mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan, silahkan jauhkan generator set dari sumber bahan bakar sebagai solusinya.

Letakkan Genset di Luar Ruangan

Kepulan gas beracun akan muncul ketika mesin genset Yanmar dinyalakan. Apabila seseorang menghirup gas beracun tersebut, tentu saja beresiko terhadap kesehatan hingga mengancam jiwanya. Demi menekan resiko tumbangnya korban jiwa, tentu Anda harus meletakkannya di luar ruangan. Jika terpaksa, silahkan letakkan di dalam bangunan yang dilengkapi sirkulasi udara.

Mengetahui aturan keselamatan menggunakan generator set termasuk salah satu dasar pengetahuan sebelum menggunakannya. Sebab genset termasuk salah satu alat yang cukup sensitif, sehingga sang pemilik harus menaati semua peraturan yang tertera. Pentingnya mengikuti semua aturan dan saran yang diberikan, menjauhkan Anda dari resiko kecelakaan kerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *