Genset Solar Untuk Sumber Listrik Cadangan

Anda pernah mengalami mati lampu. Ini adalah kejadian normal apalagi listrik kadang ada masalah. Satu atau dua kali mati lampu adalah wajar. Situasi berbeda saat listrik sering mati dan mengganggu aktifitas. Untuk mendapatkan pasokan yang stabil, Anda sebaiknya memiliki genset solar.

Di pasaran, genset terdiri dari berbagai tipe. Secara umum, model dengan bahan bakar solar adalah yang sering dijual. Permintaan sangat tinggi terutama kapasitas kecil. Genset seperti ini sangat mobile dan bisa dipindahkan kemana pun. Selain itu, harga juga terjangkau.

Tipe lain adalah genset dengan bahan bakar bensin dan gas. Keduanya jarang ditemui karena kurang praktis. Meskipun dari sisi daya tidak berbeda jauh, versi gas lebih ramah lingkungan. Namun, Anda akan kesulitan ketika mencari sumber energi utamanya. Saat ini, belum ada gas yang khusus untuk kebutuhan genset. Kendala lain adalah harga karena biaya untuk solar lebih murah dibandingkan dengan gas.

Tujuan memakai genset adalah mendapatkan pasokan listrik. Akan tetapi, listrik tersebut adalah sebatas cadangan ketika sumber utama tidak berfungsi atau sedang mati lampu. Beberapa tahun lalu, orang masih banyak memakai genset untuk kebutuhan harian. Namun, ada masalah yaitu suara.genset model lama sangat bising sehingga kurang praktis. Akan tetapi, model terbaru menggunakan solar dan suara tidak tinggi.

Sumber listrik cadangan tersebut akan dialirkan ke beberapa fungsi. Contoh paling mudah adalah genset untuk kebutuhan mandiri di bengkel, rumah, dan workshop. Beberapa pekerjaan menggunakan secara penuh listrik. Pemilik harus mempunyai cadangan ketika listrik padam. Inilah fungsi dari genset solar.

Kebutuhan lain adalah di tempat-tempat khusus misalnya pusat perbelanjaan, gedung, kantor, rumah sakit, sekolah, dan fasilitas publik. Bayangkan jika mati lampu dan dokter sedang mengoperasi pasien. Mereka membutuhkan energy listrik yang konstan secara stabil tanpa terputus. Di rumah sakit, genset dengan bahan bakar solar terdiri dari beberapa tipe. Masing-masing ditempatkan di instalasi yang memang membutuhkan listrik secara penuh.

Hal yang sama juga berlaku untuk gedung dimana terdapat kebutuhan listrik yang harus menyala setiap saat. Contohnya adalah area server dan komputer. Bisnis dan pekerjaan akan terganggu jika lampu mati. Genset selalu siaga dan siap untuk menyuplai kapan saja. Kondisi ini juga terjadi di kantor pemerintah dan gedung pusat pemerintahan.

Penggunaan listrik cadangan dari genset juga berlaku untuk kondisi darurat, daerah terpencil, dan bencana. Meskipun listrik telah merata, beberapa tempat masih belum menerimanya. Hal ini terjadi karena instalasi ke daerah tersebut belum tersedia. Untuk mengatasi kondisi tersebut, genset menjadi solusi yang tepat. Mereka lebih sering memakai genset karena mudah dan cepat. Saat sedang bencana, listrik mati untuk keamanan dan keselamatan. Akan tetapi, tugas untuk menolong harus tetap berjalan. Kondisi ini lebih tepat jika memakai genset karena lebih praktis.

Apapun fungsi dan tujuan dari genset solar harus mampu memenuhi kebutuhan dasar. Genset adalah sumber listrik manual yang praktis dan portabel. Anda bisa memindahkan ke tempat lain selama masih terjangkau dengan kendaraan. Untuk ukuran kecil, mesin ini bahkan sangat ringan dan hemat energy. Selain sebagai cadangan, Anda masih bisa memakai genset untuk menyeimbangkan kebutuhan. Ketika pasokan listrik utama terasa sangat kurang, beberapa alat harus tetap bekerja. Solusi jitu adalah genset yang bisa memberikan power secara langsung dengan aman dan cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *