Jenis-Jenis Genset Murah Dan Bahan Bakarnya

Seiring berkembangnya zaman saat ini ada berbagai macam alat yang diciptakan untuk membantu meringankan berbagai macam pekerjaan manusia. Dengan majunya teknologi tentunya berbagai macam pekerjaan dapat dikerjakan lebih efektif dan efisien. Generator set atau yang lebih dikenal oleh masyarakat sebagai genset ini merupakan sebuah alat yang semakin hari semakin berkembang. Adanya genset ini ini memberikan pengaruh besar dalam kehidupan manusia. Terlebih saat ini sudah banyak dijual genset murah di berbagai macam daerah. Pilihan dari genset juga semakin bervariatif bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

Berikut ini merupakan beberapa jenis mesin genset berdasarkan bahan bakar yang digunakan:

  1. Bahan Bakar Solar

Bahan bakar pertama yang digunakan untuk genset adalah solar. Salah satu jenis genset yang menggunakan bahan bakar solar adalah genset diesel. Adanya pembakaran diesel dengan generator listrik dapat menghasilkan sebuah tehaga listrik merupakan cara kerja dari mesin genset diesel. Daya yang dihasilkan dari genset diesel ini yaitu berkisar antara 5.000 watt sampai dengan 2.000.000 watt. Mesin dari genset diesel banyak disukai oleh masyarakat karena lebih tahan lama jika dibandingkan dengan jenis genset yang lainnya. Selain itu jika terdapat kerusakan pada komponen, suku cadangnya mudah untuk dicari.

  1. Bahan Bakar Bensin

Jenis bahan bakar genset yang selanjutnya yaitu bensin. Dibandingkan dengan bahan bakar solar, genset yang menggunakan bahan bakar bensin ini lebih murah harganya. Genset bensin merupakan genset murah yang banyak dicari oleh masyarakat dan digunakan untuk kalangan rumah tangga dan non industri. kapasitas daya yang dihasilkan berkisar 10.000 watt sehingga cocok digunakan untuk non industri.

  1. Bahan Bakar Gas

Bahan bakar yang ketiga yaitu menggunakan gas. Gas yang dapat digunakan untuk bahan bakar genset adalah jenis  LPG (Liquid Petroleum Gas atau bisa menggunakan jenis CNG (Compressed Natural Gas)  sebagai alternatif gas yang lebih ramah lingkungan. Daya yang dihasilkan dari Mesin genset yang menggunakan bahan bakar gas ini juga cukup variatif. Namun sayangnya harga jual dari genset dengan bahan bakar gas ini masih cukup terbilang tinggi. Bahan bakar gas menjadi salah satu faktor Kenapa jenis genset bahan bakar gas masih memiliki harga cukup tinggi di pasaran.

  1. Bahan Bakar Urine

Bahan bakar untuk mesin genset yang terbaru adalah urine. Genset yang menggunakan bahan bakar urine ini merupakan salah satu inovasi terbaru. Meskipun hal tersebut masih harus dalam berbagai macam uji coba lanjut. Inovasi tersebut diciptakan oleh beberapa siswi yang berasal dari Lagos,  Nigeria. Penggunaan urine ini memanfaatkan adanya suatu proses pengubahan dari senyawa utama yang ada pada urine selain air untuk diubah menjadi sebuah nitrogen, hidrogen, dan air. Oleh karena itu dari adanya proses tersebut dapat menghasilkan tenaga listrik. Dari 1 liter urine sendiri dapat menghasilkan tenaga listrik yang dapat mencapai ketahanan selama  kurang lebih 6 jam.

Itulah beberapa jenis genset berdasarkan dengan bahan bakar yang digunakan. Selain yang sudah disebutkan di atas masih ada beberapa jenis genset lain yang menggunakan bahan bakar alternatif. Seperti contohnya yaitu genset turbin. Genset yang menggunakan mesin turbin ini memanfaatkan air, uap, angin, atau tenaga alami lain untuk menggerakkan mesin turbin. Selain itu ada juga genset tata surya yang memanfaatkan adanya sinar matahari. Untuk itu bagi Anda yang sedang mencari genset ada berbagai macam jenis yang dapat dijadikan sebagai pilihan. Saat ini juga sudah banyak di jual genset murah baik secara online maupun offline. Pembelian genset secara online juga akan lebih efektif. Karena tidak perlu datang langsung ke toko yang menjual genset.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *