Karakteristik Genset Bensin dan Genset Diesel Sebagai Mesin Cadangan Listrik

Listrik sudah menjadi kebutuhan energi utama bagikehidupan manusia. Sejak pertama kali ditemukan, keberadaannya berkontribusi besar terhadap kemajuan peradaban manusia. Terciptanya dunia digital seperti pada saat ini tidak lepas dari salah satu manfaat listrik bagi kehidupan manusia, mempermudah manusia dalam menjalankan kehidupannya. Sebuah mesin diciptakan oleh ilmuan bernama Michael Faraday pada tahun 1831 yang berupa kumparan kawat tembaga yang dapat menghasilkan induksi elektromagnetik dan listrik. Mesin ini disebut dengan generator.

Cikal bakal genset berasal dari mesin tersebut. Hingga saat ini, genset memiliki berbagai jenis dan tipe yang disesuaikan dengan kebutuhan manusia. Di antara banyaknya tipe-tipe genset, mesin genset memiliki tiga jenis jika dibagi berdasar jenis bahan bakarnya, yakni genset bensin dan genset solar. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Genset Bensin

Genset bensin pada umumnya digunakan oleh mereka yang memanfaatkan fungsi genset sebagai alat untuk memenuhi cadangan energi listrik rumah tangga. Penggunaan bahan bakar bensin untuk genset tentu memiliki banyak kelebihan, seperti mudah dalam mengakses bahan bakar, lebih ramah terhadap mesin dan polusi hasil pembakaran bahan bakar bensin yang dinilai lebih ramah lingkungan.

Genset dengan bahan bakar bensin banyak ditemukan di kalangan rumah tangga, keuntungan lain yang didapatkan dari jenis genset ini adalah suara bising yang dihasilkan dari kebanyakan genset bensin hampir tidak ada, dengan kata lain, mayoritas genset berbahan bakar bensin tidak menimbulkan suara bising saat dioperasikan. Itulah mengapa jenis genset bensin terbaik banyak direkomendasikan untuk penggunaan rumah tangga. Adapun listrik yang dihasilkan dari genset tipe ini paling besar rata-rata hanya mencapai 10 kW atau 10.000 watt. Keuntungan lain dari penggunaan genset berbahan bakar bensin adalah raga mesin genset yang cenderung lebih murah jika dibandingan dengan genset diesel/solar.

Genset Solar

Pernahkah Anda mengunjungi expo atau acara pasar malam di dekat rumah Anda? Jika pernah, maka Anda tidak akan asing suara bising dari mesin yang berada di sekitar wahana bermain yang ada di sekitar pasar malam. Mesin itulah yang disebut dengan genset. Genset memiliki banyak tipe berdasarkan elemen penyusunnya, yakni genset open atau genset diesel dan genset silent. Kedua jenis genset ini memiliki ciri khas pembeda yang ada pada kanopi yang berfungsi melindungi mesin genset. Fitur kanopi pada genset juga berpengaruh terhadap suara mesin yang dihasilkan pada saat genset sedang digunakan.

Pada genset diesel atau genset open, kanopi tidak terinstalasi sehingga mesin genset jenis ini cenderung mengeluarkan suara yang bising jika dbandingkan dengan jenis genset silent. Jika genset silent lebih banyak ditemukan pada rumah tangga, maka genset diesel justru banyak digunakan pada keperluan yang membutuhkan daya listrik dalam kapasitas yang besar, misalnya expo, pasar malam dan hajatan outdoor. Karena digunakan dalam keperluan besar, genset diesel lebih banyak menggunakan bahan bakar jenis solar.

Keunggulan dari genset diesel adalah mampu menghasilkan torsi yang lebih besar dibandingkan genset bensin, yakni mencapai 2 juta Watt. Itulah mengapa genset diesel banyak digunakan untuk keperluan listrik dalam jumlah besar. Genset diesel tidak memiliki busi sehingga mempermudah dalam proses perawatan. Dibuktikan dari banyaknya penempatan genset diesel di luar ruangan, membuktikan bahwa jenis genset diesel memiliki daya tahan yang sangat kuat terhadap kondisi cuaca. Bahan bakar solar juga memiliki harga yang lebih murah dibandingkan bahan bakar bensin. Tidak heran jika banyak pemilik bisnis sewa genset memanfaatkan genset diesel sebagai genset utama mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *