Cara Kerja Panel AMF ATS Genset

Jaman yang terus mengalami perkembangan membuat berbagai hal turut berkembang mengikuti jamannya. Genset menjadi mesin yang turut mengalami perkembangan cukup baik. Saat ini sudah ada genset yang terbuat dari alat yang canggih. Keberadaan dari panel AMF dan ATS tersebut menjadi bukti bahwa saat ini genset sudah tersedia lebih canggih. Para pengguna genset yang menggunakan genset dengan panel AMF ATS terbaik tentu sudah paham dengan keuntungan yang akan didapatkannya. Walaupun sangat menguntungkan namun masih banyak yang belum mengenal AMF ATS. Apa sebenarnya AMF ATAS pada mesin genset? Apakah semua genset menggunakan panel tersebut? Ulasan berikut ini akan membahas AMF ATS lebih detail termasuk cara kerjanya.

Apa semua genset menggunakan panel tersebut? Jawabannya adalah tidak. Genset yang menggunakan panel tersebut hanyalah genset baru yang menggunakan kontrol secara digital. Keberadaan kontrol digital tersebut membuat mesin genset terlihat lebih canggih dan menguntungkan ketika digunakan. Apa AMF dan ATS? Seperti yang sudah disinggung di atas bahwa AMF ATS merupakan sebuah perangkat di dalam genset yang memiliki fungsi yang bisa dibilang cukup penting. AMF ATS memiliki kepanjangan Automatic Main Failure dan Automatic Transfer Switch. Bagaimana cara kerja AMF ATS?

Panel AMF ATS memiliki cara kerja yang saling berkesimanbungan. AMF akan beroperasi ketika listrik padam. AMF akan menghidupkan mesin genset dan mempersiapkan genset untuk mendapatkan beban. Tugas AMF hanya sampai menghidupkan genset saja belum sampai menyalurkan listrik dari genset ke berbagai ruangan. Setelah AMF selesai melakukan tugasnya maka akan disusul oleh ATS. ATS akan menjalankan tugas sisa dari AMF.

ATS akan beroperasi ketika AMF sudah mempersiapkan mesin genset sampai siap digunakan. Nantinya ATS akan menghubungkan listrik dari genset tersebut menuju seluruh ruangan. Tugas ATS tidak hanya sampai disitu saja. ATS juga akan mendeteksi apakah listrik PLN sudah menyala atau belum. Jika listrik PLN sudah bisa digunakan kembali maka secara otomatis ATS akan memutuskan hubungan listrik dari mesin genset berganti menggunakan listrik PLN.

Itulah cara kerja dari AMF ATS. Jika diperhatikan tugas dari panel ini mirip dengan tugas operator manual yang berjaga setiap hari. Tugas operator manual ini adalah berjaga – jaga ketika nantinya listrik padam. Namun sebenarnya AMF ATS tidak menggantikan posisi operator sepenuhnya. Walaupun panel ini memang canggih namun tetap saja harus ada teknisi yang menjaganya. Jadi kesimpulannya AMF ATS mampu memperingan tugas dari operator manual untuk berjaga – jaga.

Panel AMF ATS memudahkan para pengguna genset untuk menghidupkan genset, mematikan genset, dan mengalihkan listrik dari genset ke PLN. Biasanya genset yang menggunakan panel ini merupakan genset untuk kebutuhan – kebutuhan penting. Misalnya untuk kebutuhan perusahaan atau pabrik yang sumber listriknya sebagai sumber utama dalam berkegiatan. Catatan penting yang harus diperhatikan adalah harus tetap menggunakan operator walaupun menggunakan panel tersebut. Tugas operator adalah memastikan mesin tetap bisa beroperasi dengan baik. Disini operator harus selalu memantau kondisi dari mesin misalnya mengganti filter, memastikan tidak ada kebocoran oli maupun radiator, oil level, dan masih ada banyak hal yang harus dipantau oleh teknisi tersebut. Cara kerja dari panel tersebut memang saling berkesinambungan itulah yang disebut AMF ATS. Memakai genset yang menggunakan panel tersebut tentu sangat menguntungakn bagi para pengguna genset.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *